-->
Cara Pasang Custom Rom Android Dengan Gambar Dan Tips Memilih Custom Rom (Update 2020)

Cara Pasang Custom Rom Android Dengan Gambar Dan Tips Memilih Custom Rom (Update 2020)

     Selamat sore agan agan, di artikel kali ini saya bakalan share cara pasang custom rom di android serta cara memilih custom rom android yang cocok buat yang belum tau atau buat yang masih belum paham betul sama yang namanya custom rom tapi artikel ini berdasarkan pengalaman dan pengetahuan saya aja ya dan maaf kalo misalkan ada salah kata serta salah tutorial bisa kalian koreksi di kolom komentar. Mungkin sebagian dari kalian tukang oprek android pasti kebanyakan udah pada tau apa itu custom rom dan gimana sih cara pasang atau instal custom rom dan bahkan instal custom rom udah jadi makanan sehari hari kalian para opreker hehe. Oh iya sedikit cerita dari saya jadi waktu itu saya pasang custom rom yang seharusnya di instal dari recovery versi terbaru karena pas instal itu ada pop up apa gitu untuk melanjutkan instal nah sedangkan saya mau instal pakai cwm dan alhasil gabisa diinstal karena seharusnya nampilin popup tapi cwm yang saya pake gk support😂😂. Terus ada lagi waktu masih belum mahir saya mau instal custom rom di hh acer liquid z520 dengan cara restore hasil backupan dari TWRP sedangkan saya mau restore pakai CWM hehe dan saya nanya nanya nanya ke grup dan ternyata jawabnya " ya gak bisa lahh ". Nah dari cerita diatas bisa kalian simpulkan ya bro Sebelum kalian mau instal rom alangkah baiknya kalian liat dulu typenya, zip kah atau berbentuk folder yang namanya tanggal,bulan,tahun. Jika zip kalian masih bisa lah pakai semua recovery mod tapi harus yg support tapi dipikir pikir semua support hehe dan jika berntuk folder itu berarti hasil backupan dan cara instalnya kalian harus restore tetapi cari tau dulu itu hasul backupan dari recovery yang maba  karena yang saya tau hasil backup TWRP dan CWM bahkan bisa juga recovery lain itu hasilnya beda dan kita gabakal bisa restore hasil backupan dari TWRP dan di instal di CWM. Nah yang pertama kalian harus perhatikan itu ya agan agan dan beberapa tips ya gan buat kalian yang pengen instal custom rom, nih saya punya beberapa hal untuk memperlancar .
  1. Yang pertama menurutku itu kalo kalian mau instal custom rom dan kalian masih belum paham atau masih ragu alangkah baiknya kalian join di grup facebook hh yang kalian pakai, kenapa ? soalnya kalau kalian ragu kalian bisa liat liat member nya dulu ada keluhan apa di hh yg kalian pakai kalau instal custom rom, dan cara nya untuk instal custom rom, bug apa yang ada di custom rom yang ingin kalian instal serta kalian bisa tanya tanya dulu ke grup tersebut tentang apa yang kalian masuh ragu. Soalnya kalo langsung liat dari google takutnya kalian gak paham dan kalian gakan bisa dapet pengalaman jika tanpa join grup facebooknya dan takutnya juga kalo kalian dapet dari google kalian ketipu sama clickbait seperti halnya hh kalian udah mentok banget di kitkat nah di google ada cara upgrade ke lollipop kan rugi kalo kita ikutin blog tersebut contohnya hape gingerbread saya dulu yaitu lenovo a269i 😢yang katanya bisa di upgrade ke lollipop, halah saya ga percaya soalnya ini ram cuman 250 mb serta ya kaya gak mungkin aja gitu wkwk, udah paham kan ? lanjut.
  2. Nah di tips kedua ini kalian harus udah ngerti tips diatas, sekarang kalian harus memilih custom rom yang cocok dengan selera masing masing, pasti selera kalian beda beda kan ? ada yang suka minimalist gak ribet dan simple kaya saya 😂 ada yang suka nya ribet segala guide di tempelin kaya flyme os atau apa lah dan ada juga yang pengen custom rom dengan sejuta fitur. Kalau misalnya kalian udah nemuin custom rom yang kalian inginkan jangan lupa perhatikan cara install rom tersebut dan yang terpenting perhatikan bug yang terdapat di rom tersebut, itulah kenapa pentingnya kalian join grup facebook hh masing masing karena kalian bisa tanya tanya serta dapet reviewnya kan ? tapi kalo mau dari google juga pastiin kalo custom rom tersebut memiliki detail yang benar seperti untuk handphone apa untuk type apa dan bug nya apa serta kelebihan dan kekuranganya apa. Oke kalian udah nemuin rom yang kalian suka ? yuk ke tips selanjutnya.
  3. Yang ketiga ini langsung aja kalau misalkan kalian udah dapet rom yang kalian pengen, kalian bisa langsung instal pake recovery mod andalan kalian dan untuk cara pasang recovery mod udah ada di post sebelumnya ya tinggal kalian cari aja serta kalian yang masih ragu ragu dalam hal ini diwajibkan kalian backup dulu rom pabrik yang kalian pakai untuk mencegah bootloop dikemudian hari dan pasti kalian panik kalo pas instal rom lama dan pas beres pun lama bootingnya,, jangan khawatir emang rata rata pas instal custom rom itu lama dan bootingnya juga lama tapi kalo lama ampe 30menit itu berarti bootloop atau custom rom yang kalian instal itu belum cocok broo kalo masih 10-15 menit itu wajarlah hehe, oh iya ada baiknya cek dulu sebelum kalian pilih custom rom yang kalian pengen bro jadi jika hp kalian acer xxxx nah kalian pakai custom rom acer doang salah itu harusnya kalian detil serta harus nyebutin acer apa ? merk apa ? karna handphone acer itu banyak dan cuma gak satu bisa aja kan hp kalian acer 9999 tapi instal custom rom untuk acer 888. Itu cuman contoh dan saran doang ya dan kalo kalian bootloop tapi udah pasang recovery mod ? jangan takut kalian bisa restore hasil backupan yang kalian backup sebelumnya. Udah dapet dan udah pake custom rom yang kalian instal ? lanjut tips ke empat.
  4. Nah kalian udah dalam posisi custom rom ? gimana suka kan ? hehe. Saran saya tetapi ini cuman saran saya kalau mau skip boleh kok tapi cara ini supaya custom rom yang kalian pakai itu terasa ringan dan gak berat ya, cara yang saya pake setiap instal custom rom ini yaitu yang PERTAMA : hapus apps system yang gak berguna contohnya : mtk log tools, phase beam, mediatek wallpapper, dan apps system yang kalian rasa gak berpengaruh dan kalian bisa hapus pakai apps seperti link2sd, tapi hati hati ya ini cuman buat kalian yang udah tau mana apps yang penting dan gak penting jujur aja saya paling suka ngehapusin apps system rasanya enak enak gimana gitu skwk. KEDUA : replace launcher bawaan, keyboard bawaan, gallery bawaan dan jujur aja selama hape saya jadul saya menggunakan paket aplikasi ini > Holo launcher buat ganti launcher bawaan (cuman 1 mb tapi fitur jangan diragukan) > SmartKeyboard buat ganti keyboard bawaan (cuman 5 mban bro mantap) > Quickpic buat ganti gallery bawaan (3 mban bro fitur lock serta lengkap). Nah saya rasa 3 itu kalau saya pake itu dan saya hapus apps bawaan systemnya saya selalu merasa ringan serta rom jadi cepat dan hal itu "pasti" saya lakukan tapi tetap kalian harus hati hati yaa. KETIGA : pakai aplikasi greenify gan buat hibernasi apps yang jalan di background kalian pasti rata rata pake apps uc browser liat deh di greenify berapa banyak proses yang uc browser pake, biar penasaran coba deh sendiri. Dan greenify juga bisa di pake buat hibernasi aplikasi system bro seperti google calendar,playstore,clock,dll. Tapi jangan hibernasi google play services yaa.
     Jadi itu dia tips dari pengalaman saya pribadi dan jangan males bacanya ya kan buat pengalaman kalian juga dilain waktu serta kalian jangan pernah lupa "bakcup" maupun rom ataupun apps atau file file penting sebelum kalian mulai ngoprek. Jadi udah tau kan sedikit tips nya dari mulai memilih custom rom sampai setelah instal custom rom, penasaran gak sih gimana cara instal custom rom ? jadi kali ini saya bakal jelasin dengan cara instal buat file yang berbentuk zip aja yaa kalo buat restore rom gampang caranya kalian cuman pilih menu restore di recovery mod yang kalian pakai dan kalian pilih backupan file lalu restore beres deh, langsung aja yuk.
1.Cara yang pertama yaitu kalian download dulu rom yang kalian inginkan lalu kalian bisa masuk ke recovery mod yang kalian pakai dan harus udah terpasang ya, buat cara pasang recovery TWRP atau CWM bisa cek artikel sebelumnya. Buat masuk ke recovery caranya matikan handphone lalu tekan Tombol vol bawah + Tombol power / Tombol vol bawah + Tombol power + Tombol home (Masing masing handphone hampir sama tapi ada juga yang beda) biasanya ada beberapa pilihan contohnya go to recovery , go to bootloader , reboot. Nah setiap handphone beda beda ya ada juga yang langsung masuk ke recoverynya
2.Setelah masuk recovery kalian jangan lupa backup data terlebih dahulu, untuk contohnya saya gunakan TWRP




Nah nanti kalian pisah ceklis semua atau beberapa yang kalian inginkan lalu select storage, kalau kalian udah punya backupan kalian bisa lanjut wipe data,cache dll. Lihat gambar dibawah :



Lanjut



Nah kalau udah masuk ke situ kalian bisa swipe ikon panah dari kiri ke kanan ya, kalau udah beres jangan dulu reboot tapi kalian harus kembali ke menu utama lalu pilih install



Nah setelah pilih instal kalian bisa pilih file rom yang udah kalian download baik di internal maupun di sd card



Nah kalian tinggal pilih lokasi dimana kalian nyimpen rom nya setelah dipilih romnya kalian masuk ke menu berikutnya dan kalian pasti jumpa dengan dua pilihan yaitu "reboot after instalation complete" dan "zip signature verification" buat yang "reboot after instalation complete" itu artinya hape kalian bakalan otomatis reboot setelah instal rom selesai jadi bisa kalian tinggal saat instal rom soalnya agak lama hehe, dan yang "zip signature verification" gausah di ceklis deh,



udah paham kan? kalo udah kalian bisa langsung swipe panah dari kiri ke kanan dan kalian tunggu beberapa menit karena proses pemasangan rom emang lama ya jadi sabar

     Selamat kalian udah dalam posisi terpasang custom rom di hape kalian masing masing hehe, buat selanjutnya kalian bisa pakai tips setelah pasang custom rom diatas ya supaya romnya ringan gak terlalu berat
     Nah jadi mungkin itu beberapa tips dan cara menurut pengalaman saya, maaf ya kalo masih kurang jelas bisa hubungi saya via menu "contact" atau kalian mau nambahin boleh kok dan jangan lupa selalu menghargai satu sama lain yaaa maaf kalau ada salah salah kata dan terimakasih buat grup evercross a5,lenovo a269i dan acer liquid z520 yang udah mendidik saya menjadi sekarang. Segitu aja yang bisa saya sampaikan, saya ucapkan terimakasih buat yang udah mampir. Sampai ketemu di post selanjutnya :).

0 Response to "Cara Pasang Custom Rom Android Dengan Gambar Dan Tips Memilih Custom Rom (Update 2020)"

Posting Komentar

Harap Memberi Komentar Dengan Bijak.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel